Writing By Heart

Oleh: Abdullah

Resume ke-17
Gelombang: 30
Tanggal: 22 Nopember 2023
Tema: Writing By Heart
Narasumber : MUTMAINAH, M.Pd.
Moderator : AROFIAH AFIFI, S.Pd.
IMG 20231122 WA0197

Menulis dengan hati adalah sebuah proses yang memungkinkan kita untuk mengungkapkan perasaan, pemikiran, dan pengalaman dengan cara yang paling otentik. Saat kita menulis dengan hati, kata-kata mengalir begitu lancar dan cerita yang kita sampaikan memiliki daya tarik emosional yang kuat. Artikel yang ditulis dengan hati mampu menyentuh pembaca dan meninggalkan kesan yang mendalam.
Ada beberapa langkah yang dapat kita ikuti saat menulis dengan hati:
1. Temukan Inspirasi: Cari tahu apa yang benar-benar membuat hati Anda berdetak lebih cepat. Temukan topik atau tema yang benar-benar Anda pedulikan dan ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Inspirasi dapat ditemukan di dalam diri sendiri, pengalaman hidup, orang-orang yang Anda temui, atau bahkan dari peristiwa di dunia luar.
2. Rasakan Emosi: Ketika menulis dengan hati, penting untuk merasakan emosi yang ingin Anda sampaikan. Biarkan perasaan itu mengalir dan mengisi tulisan Anda. Apakah itu kegembiraan, kesedihan, harapan, atau rasa syukur, biarkan emosi itu membimbing Anda saat menulis.
3. Jujur dan Autentik: Ketika menulis dengan hati, jadilah jujur dan autentik. Sampaikan pikiran dan perasaan Anda dengan kejujuran yang tulus. Jangan takut untuk menunjukkan kerentanan, karena hal itu dapat membuat tulisan Anda lebih kuat dan dapat terhubung dengan pembaca.
4. Gunakan Bahasa yang Kuat: Pilih kata-kata yang kuat dan bermakna. Gunakan bahasa yang dapat menggambarkan perasaan dan pikiran Anda secara jelas dan mendalam. Hindari klise dan temukan cara yang unik untuk menyampaikan pesan Anda.
5. Ceritakan Kisah Anda: Manusia secara alami tertarik pada cerita. Sampaikan pesan Anda melalui sebuah narasi yang kuat dan menarik. Ceritakan pengalaman Anda secara mendalam dan berikan detail yang membuat pembaca dapat merasakan apa yang Anda rasakan.
6. Berikan Pesan yang Bermakna: Ketika menulis dengan hati, tujuan utama adalah memberikan pesan yang bermakna kepada pembaca. Apa yang ingin Anda sampaikan? Apa yang ingin Anda ajarkan? Apa yang ingin Anda inspirasikan? Pastikan pesan Anda jelas dan dapat diresapi oleh pembaca.
7. Revisi dan Edit: Setelah menyelesaikan tulisan dengan hati, lakukan proses revisi dan edit yang teliti. Perbaiki kesalahan tata bahasa, periksa alur cerita, dan pastikan bahwa pesan Anda terdengar dengan jelas. Jangan takut untuk memotong atau memperbaiki bagian yang tidak sesuai dengan tujuan Anda.
Menulis dengan hati adalah sebuah perjalanan pribadi yang memungkinkan Anda untuk mengungkapkan diri dan berbagi pengalaman dengan orang lain. Jadilah autentik, berani, dan terbuka saat menulis. Dengan demikian, tulisan Anda akan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menginspirasi pembaca. Selamat menulis dengan hati !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *