Wisata  

Wisata Menggala Ranch Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand
Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand

Wisata Menggala Ranch Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Diajar.net – Siapa yang suka main ke wisata Banyumas? Jangan sampai ketinggalan ke salah satu destinasi mirip New Zealand ini. Yap ini dia Menggala Ranch merupakan salah satu wisata Banyumas memiliki lokasi tepatnya ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Adapun destinasi wisata Banyumas yang satu ini sering banget mendapatkan julukan new zealand Jawa Tengah. Yap karena nuansa bukit, pegunungan pemandangan indah bisa didapatkan di sini.

Nggak hanya itu aja, para pengunjung bisa banget memberi makan para hewan yang ada di Menggala Ranch ini karena ada berbagai macam yang dihadirkan. Mulai dari domba, kambing, burung, dan lainnya.

Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan bukit hijau yang sangat indah, cocok banget buat kamu yang suka menikmati nuansa syahdu dan asri.

Wisata Menggala Ranch Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand
Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand

Menggala Ranch cocok banget didatangi kamu bersama keluarga, atau teman teman dan saudara karena banyak aktivitas menarik. Sebagai pengunjung bisa banget melihat domba yang berkeliaran sambil memberi makan.

Di sini jug ada ikan di kolam yang bisa diberi makan oleh anak anak atau kamu yang suka berinteraksi dengan hewan.

Tak hanya itu saja, ada bagian playground yang dilengkapi wahana permainan seperti ayunan, rumah kurcaci, jembatan, dan bukit mini. Spot foto juga sangat banyak salah satunya yakni di tepi kolam dengan latar belakang perbukitan hijau.

Buat masuk ke wisata Banyumas yang satu ini bisa membayar Harga tiket Menggala Ranch Banyumas Rp 20.000 per orang.

Meski demikian, tiket ini belum termasuk wahana berbayar di dalamnya seperti membeli pakan hewan antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per paketnya.

Itu tadi informasi seputar Manggala Ranch wisata Banyumas rekomendasi mirip New Zealand.

WISATA PERENG CILONGOK Tiket Masuk dan Aktivitas

Banyumas, satu kota yang mungkin jarang menjadi tujuan utama wisata di Indonesia. Jika bukan karena memiliki keluarga di kota ini, mungkin wisatawan tidak mengunjungi Banyumas. Padahal, Banyumas memiliki objek wisata yang tidak boleh dikesampingkan. Salah satunya adalah Wisata Pereng Cilongok, yang menyajikan berbagai wahana hiburan dan edukasi.

Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand
Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand

Objek wisata ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga. Anak-anak hingga orang dewasa dapat menikmati berbagai wahana yang disediakan. Ada kolam renang, flying fox, becak mini, sepeda air, dan masih banyak lagi. Dan baru-baru ini telah dibuka wahana edukasi pembuatan gula merah.

Harga Tiket Masuk Wisata Pereng Cilongok
Banyaknya wahana di objek wisata ini tidak membuatnya jumawa. Buktinya, Pereng Cilongok menetapkan tarif yang sangat terjangkau untuk masuk hanya Rp20.000.

Informasi penting terkait tiket masuk:

Anak usia 3 tahun ke atas berlaku harga tiket masuk normal.
Jam Operasional Wisata Pereng Cilongok
Objek wisata ini dapat dinikmati dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Pengunjung dapat puas menikmati berbagai wahana dan bersantai di sini.

Wisata Alam Pedesaan di Pereng Cilongok

Hijau dan Asrinya objek wisata pereng cilongok dengan rimbunan pohon
Hijau dan Asrinya Objek Wisata Pereng Cilongok. Foto: Gmap/Eka Mil
Wisata Pereng Cilongok berlokasi di pedesaan. Hal ini menjadikan udara di kawasan wisata begitu sejuk, dan suasana begitu asri. Pepohonan masih tumbuh memenuhi area wisata, meneduhkan kawasan di sekitarnya. Danau pun masih begitu alami, dengan warna hijau yang khas.

Objek wisata ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar. Dimana, terdapat dua embung yang masing-masing memiliki luas 0,5 hektar. Sementara satu hektar lahan lain disiapkan untuk wisata edukasi pembuatan gula merah. Dan sisanya untuk wahana permainan lainnya.

Berada di sini akan membuat pikiran kembali tenang dan segar. Berbagai permainan santai dapat dinikmati, bahkan dapat dinikmati juga sambil mengayuh sepeda air. Atau bisa juga menguji adrenalin dengan bermain flying fox, bisa dilakukan di sini. Pengunjung pun dapat berbasah ria bermain di waterpark bersama keluarga.

Wisata Edukasi Pembuatan Gula Merah

pintu masuk kawasan wisata pereng cilongok
Di kawasan objek wisata ini terdapat lokasi yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Di sinilah tempat yang digunakan untuk wahana edukasi pembuatan gula merah. Hal ini dikarenakan sebanyak kurang lebih 80 persen penduduk Cilongok berprofesi sebagai petani gula merah. Maka dibuatlah wisata edukasi ini, yang tentu berbeda dari wisata edukasi lainnya.

a pond with trees and a swing
Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand

Wahana edukasi ini nantinya akan mengajarkan cara pembuatan gula merah mulai dari pengambilan nira. Nira diambil dari pohon kelapa yang ada di kebun ini. Setelah itu, nira diolah hingga menjadi gula merah. Dan serentetan prosesnya nanti akan ditunjukkan dan dicobakan kepada para pengunjung.

Bermain Air di Wisata Pereng Cilongok

wahana permainan air dan kolam renang
Objek wisata ini memiliki kolam renang serta waterpark yang dapat dinikmati oleh keluarga. Kolamnya berair jernih dengan warna biru memantul dari dasar dan dinding keramiknya. Airnya begitu segar khas air pedesaan. Dan tentunya tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk berenang.

Di sebelahnya, pengunjung dapat menikmati waterpark. Di waterpark ini, terdapat beberapa wahana permainan. Yaitu perosotan serta pancuran-pancuran air. Sayangnya, wahana di waterpark berukuran kecil yang hanya dapat dinikmati oleh anak-anak.

Meski waterpark berukuran mini, tidak mengurangi keceriaan bermain antara anak dan orang tua. Tawa riang anak-anak tetap terdengar riuh meramaikan suasana. Bercampur dengan suara kecimpung air di waterpark.

Mengarungi Danau dengan Santai

wahana sepeda air atau bebek-bebekan
Wisata Pereng Cilongok memiliki danau yang airnya begitu jernih. Di sekeliling dinding danau diberi ban bekas yang dicat warna-warni. Perpaduan warna-warni dari ban berpadu indah dengan air danau. Ditambah lagi, sekeliling danau banyak ditumbuhi pepohonan yang tinggi dan rimbun.

Pengunjung dapat berkeliling danau dengan perahu wisata yang dihias warna-warni. Perahu ini dapat menampung lima orang atau lebih, yang dilengkapi dengan atap peneduh. Untuk menggerakkan perahu, bukanlah dengan mesin, melainkan dengan dayung manual. Yang mana wisatawan sendirilah yang harus mendayung supaya perahu dapat melaju.

Tidak hanya perahu, di sini juga terdapat sepeda air dengan bentuk angsa. Bentuknya sangat unik dan dicat warna-warni, mulai dari biru hingga merah muda. Sepeda air ini layaknya sepeda pada umumnya, yang bergerak dengan cara dikayuh. Jika sedang ramai pengunjung, terkadang sepeda kayuh dan perahu akan berjalan berdekatan bahkan bertabrakan.

Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand
Wisata Banyumas Ini Punya Julukan Sebagai New Zealand

Outbound di Alam Pedesaan

Selain wahana air, di sini juga terdapat wahana outbound yang memacu adrenalin. Ada flying fox hingga sepeda yang melayang di udara. Dua wahana ini menjadi wahana yang begitu memacu adrenalin di Wisata Pereng. Tentu, keberanian akan ketinggian sangat dibutuhkan untuk dapat mencobanya.

Panggung Hiburan di Wisata Pereng Cilongok

Selain wahana permainan, di sini juga seringkali diadakan panggung hiburan. Objek wisata ini kerap kali mengundang penyanyi lokal untuk memeriahkan suasana. Serta tentunya, untuk menghibur para wisatawan di sini.

Pengunjung pun dapat menggunakan objek wisata ini sebagai lokasi penyelenggaraan acara. Misalnya acara pernikahan, ulang tahun, jalan sehat, hingga acara sekolah atau kantor. Lokasinya yang asri dan luas sangat tepat untuk menyelenggarakan acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *