Diajar.net adalah media online yang memberikan informasi yang terupdate tentang dunia pendidikan dan seni musik

Sumber Manfaat Tumbuhan Obat

Sumber Manfaat Tumbuhan Obat
Sumber Manfaat Tumbuhan Obat

Sumber Manfaat Tumbuhan Obat

Diajar.Net – Tumbuhan obat telah lama dikenal dan digunakan dalam berbagai budaya sebagai cara alami untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Keanekaragaman hayati Indonesia, dengan ribuan spesies tumbuhan, menyediakan sumber daya alam yang kaya untuk dijadikan bahan obat tradisional. Artikel ini akan membahas beberapa sumber utama tumbuhan obat dan manfaatnya bagi kesehatan.
Sumber Manfaat Tumbuhan Obat
Sumber Manfaat Tumbuhan Obat

1. Kunyit 

     Kunyit  memiliki banyak manfaat dan mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun.
     Dan kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis. Selain itu, kunyit yang mengandung kurkumin juga sering dijadikan sebagai salah satu alternatif obat penambah nafsu makan dan masih banyak manfaat kunyit lainnya selain untuk kesehatan bisa juga di gunakan untuk luka agar membunuh kuman-kuman dan mempercepat proses penyembuhan luka, serta masih banyak lainnya yang bermanfaat luar biasa khasiat dari kunyit.

2. Sirih

     Kita selalu memanfaatkan daun sirih. Dimana tumbuhan ini berguna untuk menyembuhkan pendarahan.
    Misalnya pendarahan pada gusi, pendarahan hidung. Tumbuhan ini juga sangat berguna untuk menyembuhkan sakit gigi dan batuk.

“Sumber foto : Detikcom”

3. Pepaya

     Dau pepaya sering digunakan untuk obat. Misalnya saja obat untuk penyakit malaria,diare, dan disentri.

4. Bawang Putih

     Sejenis Umbi yang biasa disebut bawang putih banyak gunanya. Bawang putih bisa digunakan untuk obat batuk, masuk angin, dan sengatan serangga.

5. Temulawak

      Temulawak sering juga disebut koneng gede.
Tumbuhan ini banyak ditemukan di hutan-hutan. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan temulawak ialah sakit perut, kesulitan buang air besar, dan sakit pinggang.

 

 

6. Kelapa

     Kelapa banyak terdapat di mana-mana. Dimana air kelapa berguna untuk penawar racun dan sakit panas.

7. Ubi Kayu

     Ubi kayu merupakan tanaman yang sangat dikenal di negara kita ini. Ubinya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Namun bukan hanya itu ubi kayu juga memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk obat luka dan diare.

Akhir Kata

      Itulah beberapa contoh tumbuhan obat yang saya sebutkan, bisa di manfaatkan dan dijadikan sebagai obat alami. Namun masih banyak tanaman-tanaman lainnya yang sangat bergunah dan memiliki khasiat dan sebagai obat alami.
Demikianlah artikel ini diajar.net buat semoga bisa membantu bapak/ibu guru yang sedang membutuhkan hanya sekedar referensi saja bila bermanfaat silahkan di share ke teman teman guru lain atau yang membutuhkan supaya lebih bermanfaat dunia akherat terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *