Diajar.net adalah media online yang memberikan informasi yang terupdate tentang dunia pendidikan dan seni musik

PENTINGNYA KESEHATAN BAGI TUBUH MANUSIA

4 6
Dalam satu hari dan satu malam kita perlu tidur. Dimana tidur itu penting untuk mengembalikan tenaga dan kesehatan kita. Tanpa tidur tidak mungkin kita hidup. Benarkah demikian?….
Nah, agar badan kita tetap sehat ada beberapa hal yang harus dilakukan.
Apakah itu?…..
1. Kita harus berolahraga.
2. Kita harus selalu menjaga kebersihan badan.
3. Kita perlu makanan sehat.
4. Kita memerlukan istirahat yang cukup.

A. Olahraga

     Olahraga itu penting bagi kesehatan tubuh. Olahraga memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Sehingga otot orang yang suka olahraga lentur, padat, dan kuat. Cobalah pegang otot kaki orang yang suka berolahraga, pastinya akan berbeda dengan orang yang jarang olahraga atau bahkan tidak pernah berolahraga sama sekali.

PENTINGNYA KESEHATAN BAGI TUBUH MANUSIA

    Di pasar sering dijual daging ayam ras. Rasanya lunak, tidak padat. Ayam ini dipelihara di kandang. Ia tak pernah banyak bergerak. Kerjanya makan dan minum di dalam kandang saja. Sedangkan ayam kampung sebaliknya. Ayam ini banyak berlari-lari. “Berolahraga”, kata orang. Dagingnya terasa padat dan rasanya enak.
Dengan berolahraga! Tubuh kita akan tetap sehat. Otot menjadi lebih kuat dan tahan dari penyakit.
     Olahraga itu banyak macamnya. Ada yang berupa permainan, misalnya bermain kucing-kucingan, bersempak bola, basket, bersepeda, bulu tangkis dan lain-lainnya. Ada juga olahraga yang berupa senam. Misalnya senam kesegaran jasmani.
Apakah berlari-lari merupakan olahraga juga?
Tentu karena membuat tubuh dan otot-otot bergerak. Maka olahraga itu menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita.

B. Kebersihan

     Badan kita harus selalu bersih. Bersih itu sehat dan indah. Benarkah demikian? Badan kita harus selalu bersih agar tetap sehat. Setiap saat kulit mudah terkena debu, kotoran, atau bibit penyakit.
    Apabila kulit terkena kotoran, kulit tubuh akan sulit mengeluarkan keringat. Lubang-lubang keringat pada kulit tertutup oleh kotoran. Akibatnya tubuh kita menjadi tidak sehat.
Bibit penyakit sering juga menempel di kulit. Contohnya bibit penyakit yang menyebabkan kudis.
     Mengertikah kamu sekarang mengapa kita perlu mandi? Berapa kali kamu mandi setiap hari? Siapa di antaramu yang jarang mandi? Orang yang jarang mandi terlihat kotor, baunya tidak enak, dan mudah dihinggapi penyakit. Maka kita dianjurkan mandi setiap hari.
      Dan setiap hari gigi kita perlu digosok. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi akan menjadi sumber penyakit. Gigi yang tidak pernah digosok akan mudah menjadi keporos. Gigi itu berlubang, kemudian menjadi sumber penyakit.
    Gigi sebaliknya digosok segera setelah makan pagi, dan setelah makan malam. Dengan demikian di waktu tidur gigi kita bersih.
    Cara menggosok gigi yang baik adalah dengan menggosokkan sikat gigi pada gigi dari pangkal ke arah puncak gigi. Maksudnya, supaya sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi terbuang habis.
    Dengan demikian gigi kita akan selalu sehat dan terlihat bersih. Pasta gigi membantu membersihkan gigi. Menggosok gigi sebaliknya menggunakan past gigi. Gigi akan menjadi sangat bersih dan mulut terasa segar. Oleh karena itu gunakanlah pasta gigi.

C. Istirahat

     Sehabis kerja berat kita merasa lelah. Apakah yang kamu lakukan bila badan terasa lelah. Istirahat bukan? Cara kita istirahat bermacam-macam.
    Duduk itu istirahat. Santai juga istirahat. Tidur adalah istirahat yang sempurna. Sehabis tidur kita merasa segar dan sehat. Anak yang kurang tidur kurang bersemangat. Hasil belajarnya kurang memuaskan, begitupun juga disaat kita bekerja jika kurang tidur, kurang semangat dan lemas. Bila kamu sudah merasa lelah, istirahatlah!
Istirahat itu penting karena istirahat itu mengembalikan tenaga.
     Berapa lamakah kita perlu tidur? Hal ini bergantung pada usia. Seusia kamu diperlukan tidur selama delapan jam dalam sehari semalam. Janganlah bermain-main atau belajar sampai larut malam. Bangunlah pagi-pagi. Bangun pagi-pagi itu baik. Dimana udara pagi masih bersih dan menyegarkan tubuh. Olahraga pada waktu pagi hari sangat dianjurkan, tubuh akan terasa segar dan bugar dengan suasana sejuk udara pagi hari.
Demikianlah artikel ini diajar.net buat semoga bisa membantu bapak/ibu guru yang sedang membutuhkan hanya sekedar referensi saja bila bermanfaat silahkan di share ke teman teman guru lain atau yang membutuhkan supaya lebih bermanfaat dunia akherat terimakasih silahkan gabung ke grup guru seindonesia karena banyak sekali file file perangkat pembelajaran dan sharing tentang ilmu dalam dunia pendidikan
Grup telegram guru kelas 1 Klik disini
Grup telegram guru kelas 2 Klik disini
Grup telegram guru kelas 3 Klik disini
Grup telegram guru kelas 4 Klik disini
Grup telegram guru kelas 5 Klik disini
Grup telegram guru kelas 6 Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *