Diajar.net adalah media online yang memberikan informasi yang terupdate tentang dunia pendidikan dan seni musik

Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata

Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata
Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata

Kunci jawaban kelas V Bahasa Indonesia Kurikulum merdeka Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata

Diajar.net – Penggaris memiliki ukuran panjang, sedangkan penghapus berukuran pendek. Kata panjang dan pendek merupakan sebuah kata antonim. Apakah kamu tahu antonim dan sinonim? Dalam bahasa Indonesia, kata antonim dan sinonim merupakan hubungan kemaknaan atau semantik suatu kata atau bahasa. Berikut penjelasan antonim dan sinonim.

Antonim
Antonim merupakan kata yang maknanya berlawanan atau bertentangan dari kata lain. Misalnya “besar” memiliki antonim

Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata
Menyebutkan Sinonim dan Antonim Suatu Kata

yaitu “kecil”. Keduanya saling memberikan arti berlawanan. Antonim atau lawan kata bukanlah ditambahi dengan kata tidak, contoh seperti tidak baik, tidak masuk, tidak murah, dan lainnya. Berikut ini adalah sifat-sifat antonim.

Antonim bersifat mutlak

Antonim dengan sifat mutlak berarti kedua kata memiliki makna yang saling berlawanan secara mutlak atau tidak bisa dibantah. Berikut contoh antonim bersifat mutlak.

Mati ≠ Hidup

Mengapa kata mati berantonim dengan kata hidup? Karena antara hidup dan mati terdapat batas yang mutlak. Sesuatu yang hidup tentu tidak (belum) mati, begitu juga dengan sesuatu yang mati maka sudah tentu tidak hidup lagi.

Diam ≠ Gerak

Sesuatu yang bergerak pasti tidak diam dan sesuatu yang diam pasti tidak bergerak.

Antonim bersifat relatif

Antonim bersifat relatif ini juga dapat disebut sebagai antonim (pertentangan) gradasi. Hal tersebut karena masih terdapat tingkatan makna pada satuan ujaran tersebut. Tingkatan makna tersebut tidak mempunyai batas yang jelas antara satu dengan yang lainnya, maka dari itu disebut relatif. Berikut contoh antonim bersifat relatif.

Jadi ≠ Buruk

Istilah kaya dan miskin mempunyai arti yang relatif. Kriteria atau standar kaya dan miskin belum mempunyai batas yang jelas.

Besar ≠ Kecil

Suatu objek dikatakan besar atau kecil dalam kehidupan ini adalah karena diperbandingkan dengan sesuatu yang lain. Seekor kambing dapat disebut kecil apabila dibandingkan dengan hewan gajah atau badak, tetapi seekor kambing dapat disebut besar apabila dibandingkan dengan kucing atau kelinci.

Antonim bersifat relasional

Makna satuan ujaran yang mempunyai sifat relasional (hubungan) ini adalah saling melengkapi. Berikut contoh antonim yang bersifat relasional.

Jual ≠ Membeli

Kata menjual dan membeli walaupun menjadi perlawanan makna tetapi dalam proses kejadiannya berlaku serempak. Proses menjual dapat terjadi bersamaan dengan proses membeli, maka dari itu sering dijumpai frasa jual-beli. Apabila tidak ada proses menjual maka juga tidak akan ada proses membeli.

Berikut contoh lain dari antonim relasional (hubungan) adalah maju-mundur, pulang- pergi, memberi-menerima, ayah-ibu, guru-murid, utara-selatan, dan sebagainya.

Antonim bersifat hierarkial

Antonim yang bersifat hierarkial ini menyatakan suatu tingkatan pada satuan ujaran satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, satuan ujaran yang berantonim hierarkial ini berupa nama satuan ukuran (berat, panjang, dan isi), nama satuan hitungan dan pemenggalan, nama jenjang kepangkatan (jabatan), dan sebagainya. Berikut contoh antonim bersifat hierarkal.

Meter ≠ Kilometer

Kata meter mempunyai pasangan antonim dengan kata kilometer karena berada dalam deretan nama satuan yang menyatakan ukuran panjang.

Tamtama ≠ Bintara

Kata tamtama mempunyai pasangan antonim dengan bintara karena keduanya berada dalam deretan nama satuan yang menyatakan jenjang kepangkatan (jabatan).

Antonim bersifat Majemuk

Dalam bahasa Indonesia, juga terdapat satuan ujaran yang memiliki pasangan antonim lebih dari satu yang disebut dengan antonim majemuk.

Berikut contohnya kata berdiri dapat mempunyai antonim berupa kata duduk, berbaring, tiarap, jongkok, dan bersila. Antonim tersebut lazim ditemui dalam bahasa Indonesia. Berikut contoh lain adalah kata diam yang mempunyai antonim dengan kata berbicara, bekerja, dan bergerak.

Sinonim
Sinonim adalah hubungan semantik yang mengungkapkan kesamaan makna antara satuan ujaran yang satu dengan satuan ujaran yang lain. Hubungan makna kedua satuan tuturan tersebut bersifat dua arah. Artinya, bila A identik dengan B, maka B juga sinonim dengan A. Misalnya kata bunga identik dengan bunga, maka bunga juga identik dengan bunga. Sinonim adalah bentuk kata yang mempunyai persamaan atau arti yang sama dengan bentuk kata lainnya.

Berikut ini faktor yang memengaruhi pasangan sinonim yang makna antara keduanya tidak persis sama.

Faktor waktu

Kata hulubalang yang mempunyai persamaan makna dengan kata komandan. Namun, keduanya tidak bisa dipertukarkan begitu saja karena kata hulubalang lebih cocok digunakan untuk situasi kuno, sedangkan kata komandan hanya cocok digunakan untuk situasi modern.

Faktor tempat atau wilayah

Pasangan kata saya dan beta merupakan bentuk sinonim, tetapi kecocokan tempatnya berbeda. Kata saya dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia, sementara kata beta cocok digunakan di wilayah Indonesia bagian timur, atau mungkin dalam konteks percakapan yang lawan bicaranya adalah masyarakat Indonesia timur.

Faktor keformalan

Mata uang yang identik dengan kata uang. Namun kata uang lebih cocok digunakan dalam percakapan formal atau resmi, sedangkan kata uang lebih cocok digunakan dalam percakapan informal atau santai.

Faktor sosial

Kata saya mempunyai persamaan makna dengan kata aku. Namun, kata saya cocok digunakan dalam ragam percakapan oleh siapa saja dan kepada siapa saja.

Sementara itu, kata aku lebih cocok digunakan dalam ragam percakapan yang lawan bicaranya adalah teman sebaya, seseorang yang dianggap akrab, atau kepada yang lebih muda.

Faktor bidang kegiatan

Kata matahari mempunyai arti yang sama dengan surya. Namun penggunaan kata matahari lebih cocok digunakan dalam kegiatan apa pun atau kegiatan umum, sedangkan kata surya lebih cocok digunakan dalam kegiatan tertentu, misalnya kegiatan sastra.

Faktor nuansa makna

Kata melihat, melirik, menonton, dan mengintip memiliki makna yang sama, yaitu kegiatan memperhatikan sesuatu menggunakan indra penglihatan. Namun, antara satu kata dengan kata lain tidak bisa ditukar saja karena masing-masing memiliki nuansa makna tersendiri.

Kerjakan tugas berikut ini secara mandiri!
Scan ulang QR code pada Sub Bab C untuk memperoleh tambahan data/informasi mengenai materi yang berkaitan tentang antonim dan sinonim!

Carilah Sinonim dan Antonim dari kata – kata di bawah ini!

Jawaban: Hikmah sang guru.

Uji Kemampuan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

Apa yang disebut sinonim?

Jawab: Hubungan semantik yang menyatakan adanya kesamaan makna antara satu ujaran dengan satu ujaran yang lain.

Jelaskan yang dimaksud antonim!

Jawab: Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang mempunyai makna berkebalikan atau berlawanan antara satu sama lain.

Tulis sinonimnya!

Jawab: Rajin = giat.

Sebutkan satu kata yang berantonim!

Jawab: Rajin  malas.

Tuliskan kalimat dengan menggunakan kata tangguh!

Jawab: Ayahku adalah ayah yang tangguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *