MENULIS itu MUDAH

Oleh: Abdullah

Resume ke-8

Gelombang: 30

Tanggal: 3 Nopember 2023

Tema: MENULIS itu MUDAH

Narasumber: Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo S.Pd.

IMG 20231103 WA0004

Dalam awal pemaparannya narasumber mengajak kita semua optimis dalam menulis.lalu memulai menulis dengan hal hal sederhana dulu seperti pengalaman dan kegiatan sehari hari.atau kegiatan perjalanan.seperti hal yang dilakukan narasumber seperti ini di sprit-literasi.id 

Selanjutkan beliau menjelaskan Menulis itu mudah? Ah, mungkin terlihat begitu dari luar. Namun, dalam kenyataannya, menulis bisa menjadi proses yang menantang dan membutuhkan dedikasi yang tinggi. Sebagai seorang penulis, saya dapat memberikan perspektif yang berbeda tentang hal ini.

menulis memerlukan waktu dan usaha. Ide-ide yang muncul dalam pikiran kita perlu dituangkan dalam kata-kata yang efektif dan menarik. Proses ini melibatkan pemilihan kata, penyusunan kalimat, dan mengatur struktur tulisan secara keseluruhan. Terkadang, memulai tulisan itu sulit, dan bahkan menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan ide kita bisa menjadi tantangan tersendiri.

Selain itu, menulis juga membutuhkan ketekunan. Tidak jarang kita akan menghadapi blokade kreatif, di mana ide-ide tampak menguap dan tulisan tidak mengalir dengan lancar. Dalam momen seperti itu, penting untuk mempertahankan motivasi dan terus mencoba menemukan solusi kreatif. Menulis adalah proses yang terus-menerus, di mana kita perlu melatih diri untuk tetap produktif dan mengatasi rintangan yang muncul.

Selain itu, menulis juga melibatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Menulis bukan hanya tentang mengetik kata-kata di atas kertas atau layar, tetapi juga tentang menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif kepada pembaca. Struktur yang baik, bahasa yang tepat, dan gaya penulisan yang sesuai adalah elemen penting untuk memastikan tulisan kita dapat dimengerti dan dinikmati oleh pembaca.

Tentu saja, setiap orang memiliki kemampuan menulis yang berbeda-beda, dan bagi beberapa orang, menulis mungkin terasa lebih mudah. Tetapi bagi banyak orang, menulis adalah proses yang membutuhkan latihan dan pengembangan terus-menerus. Dalam hal ini, latihan, membaca, dan belajar dari penulis lain dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis kita.

Jadi, meskipun menulis bisa terlihat mudah dari luar, sebenarnya itu adalah kegiatan yang membutuhkan usaha, ketekunan, dan kemampuan komunikasi yang baik. Namun, dengan dedikasi dan latihan yang konsisten, siapa pun dapat menjadi penulis yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *