4 Pidato Perpisahan Kepala Sekolah Inspirasi dan Motivasi untuk Kelas 6 SD

Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah SD
Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah SD

Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah SD

Diajar.Net – Hai Sobat Kepala Sekolah, sudahkah Sobat menyiapkan pidato untuk disampaikan pada acara perpisahan di SD maupun SMP?

Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah SD
Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah SD

Perpisahan sekolah adalah momen yang penuh makna dan kesan mendalam. Saat itulah ikatan batin antara guru, siswa, dan orang tua bisa semakin kuat. Sebagai seorang kepala sekolah, peran Sobat sangatlah penting dalam menyampaikan kata-kata motivasi, semangat, dan apresiasi khusus kepada para siswa yang akan melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan contoh pidato sambutan Kepala Sekolah dalam acara perpisahan kelas 6 SD. Namun, perlu diingat bahwa teks ini hanya merupakan model atau contoh yang dapat Sobat gunakan sebagai referensi.Dalam pidato sambutan ini, sebagai kepala sekolah, Sobat dapat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan anak-anak mereka kepada sekolah. Apresiasi ini dapat menjadi ungkapan rasa terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan selama ini.

Sambutan kepala sekolah pada acara perpisahan kelas 6 SD juga merupakan waktu yang tepat untuk memberikan penghargaan kepada siswa atas prestasi akademik dan non-akademik yang telah mereka raih selama berada di sekolah. Hal ini dapat memberikan semangat dan rasa bangga kepada siswa yang akan melanjutkan perjalanan pendidikan mereka.

Selain itu, sebagai kepala sekolah, Sobat juga dapat mengingatkan siswa tentang kenangan-kenangan indah yang telah mereka ciptakan selama masa sekolah. Momen-momen tersebut akan menjadi memori yang tak terlupakan dalam perjalanan kehidupan mereka.

Namun, tidak hanya memberikan apresiasi dan kenangan, sambutan kepala sekolah juga memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar terus bersemangat dalam belajar dan menghadapi tantangan di masa depan. Pesan-pesan inspiratif dan nasihat yang berguna seringkali menjadi bagian dari sambutan ini, dengan harapan dapat mendorong siswa untuk meraih keberhasilan dan mengembangkan potensi mereka di masa mendatang.

Sebagai penutup, pidato sambutan Kepala Sekolah dalam acara perpisahan kelas 6 SD merupakan kesempatan untuk menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pendidikan, serta memberikan motivasi kepada siswa-siswa yang akan melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Semoga pidato ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya pendidikan dan semangat untuk terus berprestasi.

 

**Pidato Perpisahan Kelas 6**

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, Orang Tua, serta teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Tidak lupa, shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju cahaya Islam yang terang benderang.

Hari ini adalah hari yang sangat spesial bagi kami, siswa-siswi kelas 6. Hari ini, kami akan meninggalkan sekolah dasar tercinta ini untuk melanjutkan perjalanan kami ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada banyak kenangan indah yang kami lalui selama enam tahun di sekolah ini, dan semua itu tidak akan terlupakan.

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, yang telah dengan sabar membimbing kami, memberikan ilmu yang sangat berharga, dan selalu memberikan semangat dalam setiap langkah kami. Tanpa bimbingan dan dukungan dari Bapak/Ibu Guru, kami tidak akan bisa sampai ke titik ini. Terima kasih atas semua kebaikan dan kesabaran yang telah diberikan kepada kami.

Kepada orang tua kami, kami juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Tanpa doa, dukungan, dan cinta dari orang tua, kami tidak akan bisa mencapai apa yang telah kami capai hari ini. Terima kasih telah menjadi penyemangat dan pendukung terbesar dalam hidup kami.

Tidak lupa, kepada teman-teman sekalian, terima kasih atas persahabatan, kebersamaan, dan kenangan manis yang telah kita ciptakan bersama. Meskipun kita akan berpisah, kenangan indah ini akan selalu terpatri dalam hati kami. Semoga kita semua bisa meraih cita-cita dan impian kita masing-masing.

Kami sadar, perjalanan kami masih panjang dan penuh dengan tantangan. Namun, kami yakin dengan bekal ilmu dan pengalaman yang telah kami dapatkan di sekolah ini, kami bisa menghadapi setiap tantangan dengan penuh keyakinan dan semangat. Semoga kami bisa membawa nama baik sekolah ini di tempat yang baru nanti.

Akhir kata, kami mohon doa restu dari Bapak/Ibu Guru, orang tua, dan teman-teman sekalian, agar kami bisa melanjutkan pendidikan dengan baik dan meraih kesuksesan di masa depan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan keberkahan dalam setiap langkah kita.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Kepala Sekolah SD Saat Perpisahan Kelas 6

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua
Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.
Yang Terhormat …….
Yang terhormat, Ketua Komite …….
Beserta Perangkatnya
Yang Terhormat ketua Yayasan ……. beserta perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Staf dan Karyawan …….
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Orang Tua Siswa Beserta Segenap Tamu Undangan
Dan yang sama-sama kita banggakan, siswa-siswi …….
Pertama di atas segalanya marilah kita lantunkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka mengikuti kegiatan pelepasan siswa-siswi kelas 6.
Shalawat berbingkaikan salam tiada lupa kita curahkan kepada Rasul Teladan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan teriring shalawat dan salam kita dimudahkan untuk mendapatkan syafaat beliau di Hari Kiamat nanti.
Bapak, Ibu yang berbahagia;
Pada hari yang berbahagia ini, anak-anak kita kembali berkumpul bersama dengan didampingi oleh orang tua atau wali siswa. Kisahnya barangkali cukup mirip dengan 6 tahun lalu, di mana anak-anak juga datang ke sini dengan didampingi orang tuanya.
Bedanya, di kala itu Bapak/Ibu mengantarkan anak-anak ke ……. ini seraya menitipnya kepada kami pihak sekolah untuk mendapatkan tambahan pengajaran di luar daripada lingkungan keluarga.
Sedangkan saat ini, Bapak/Ibu kembali datang ke sekolah ini untuk melihat anak-anak, untuk menjalin silaturahmi, untuk menjemput mereka sembari segera mengantarkan anak-anak kita menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Bapak, Ibu yang berbahagia;
Bila kita perhatikan dan renungkan kembali perjalanan anak-anak selama 6 tahun ini, sungguh telah ada banyak perubahan dari mereka.
Dulunya anak-anak masih sulit membaca, tapi sekarang sudah lancar. Dulunya anak-anak hanya bisa berhitung hingga angka puluhan, tapi sekarang mereka sudah pandai menghitung jumlah uang jajan. Dulunya anak-anak mudah sekali menangis di saat kecewa, tapi sekarang mereka perlahan mulai mampu mengelola emosi.
Perubahan yang tampak ini sejatinya patut kita syukuri, karena biar bagaimana pun anak-anak adalah penerus cita-cita bangsa ini.
Kami dari pihak sekolah senantiasa berharap agar Bapak/Ibu tidak pernah lelah dan bosan untuk mendidik mereka di rumah, mendampingi mereka belajar, serta mendukung cita-cita dan apa yang menjadi bakat atau minat mereka.
Sekolah hanyalah tempat persinggahan bagi anak-anak kita, sedangkan dalam kehidupan sehari-hari kegiatan dan aktivitas mereka lebih banyak di rumah. Maka darinya, marilah kita jadikan lingkungan keluarga sebagai rumah idaman dan rumah ilmu bagi mereka.
Anak-anak yang saya sayangi;
Enam tahun sudah kalian belajar di sekolah ini, menimba ilmu, mengasah keterampilan, serta memperbaiki karakter di sekolah ini. Kalian berhak bangga atas pencapaian dan kelulusan di jenjang SD, tapi sejatinya perjuangan belumlah berakhir.
Kalian perlu berjuang lebih keras lagi, lebih serius lagi, dan jangan pernah bosan untuk meminta doa dan restu dari kedua orang tua. Tantangan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti SMP, MTs, maupun Pesantren tentu lebih sulit, tapi saya yakin kalian pasti bisa.
Anak-anak yang saya banggakan;
Di era Merdeka Belajar ini, setidaknya ada 6 karakter yang harus kalian miliki dan kuasai. Keenam karakter itu adalah;
1.Beriman dan  Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
2.Berkebinekaan Global
3.Gotong Royong
4.Mandiri
5.Bernalar Kritis
6.Kreatif
Untuk menghadapi era global dan digitalisasi ini, sebisa mungkin kalian berjuang untuk memantapkan karakter diri. Jangan lupakan pula sikap pantang menyerah, karena dengan semangat pantang menyerah semua orang yang hidup di dunia ini bisa maju.
Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;
Pendidikan adalah investasi bagi bangsa ini, maka bangsa yang hebat, bangsa yang besar, adalah bangsa yang terdidik. Maka dari itu, mari kita berjuang semaksimal mungkin untuk menyekolahkan anak-anak kita.
Jangan sampai mereka putus sekolah, dan jangan sampai mereka berhenti di tengah jalan. Karena pendidikan adalah bekal bagi anak-anak kita untuk menghadapi tantangan dunia.
Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;
Demikianlah pesan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Saya mewakili pihak sekolah mengucapkan SELAMAT kepada siswa-siswi kelas 6 yang telah lulus. Semoga ilmu yang kalian dapatkan di sekolah ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Dan Saya akhiri;    Wabillahi tofik wal hidayah astaghfirullohal’adzim 3x
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
DOWNLOAD PIDATO KS PERPISAHAN KELAS 6 FORMAT WORD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *