Cara Mengatasi Printer HP 110/115 yang tidak bisa ngeprint

Selamat siang menjelang malam kesempatan kali ini kita akan sharing sebuah troubleshoting pada printer HP 110/115 yang tidak bisa memprint.

20231231 135436

20231231 160745 0000

Kejadian ini dialami oleh penulis langsung dimana sebuah printer HP 110/115 tidak bisa melakukan print padahal sudah diinstal CD driver bawaannya.
Pemasangan catridge dan tinta sudah benar.lampu indikator juga menunjukkan tidak masalah.namun tetap tidak mengeprint.
Solusinya adalah…
Instal driver yang sesuai dengan sistem operasi dikomputer anda.
Lalu buka langsung aplikasi Microsoft Word lakukan ctrl + p atau file print.tunggu beberapa saat printer akan disiapkan dengan status ready.jika sudah muncul nama printernya silahkan melakukan print.taraaa🫠😉😊
Anda juga bisa melakukan tips lain seperti di bawah ini :
Jika printer Anda tidak dapat mencetak, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:
1. Periksa koneksi: Pastikan printer terhubung dengan komputer atau jaringan dengan benar. Periksa kabel USB atau koneksi nirkabel dan pastikan tidak ada masalah fisik atau koneksi yang terputus.
2. Restart printer: Matikan printer, lepaskan kabel daya, dan biarkan beberapa detik sebelum menghubungkannya kembali. Nyalakan printer dan tunggu sampai printer selesai melakukan proses booting.
3. Periksa antrian cetak: Buka antrian cetak di komputer Anda dan pastikan tidak ada pekerjaan cetak yang terjebak atau tertunda. Jika ada, hapus pekerjaan cetak yang terjebak dan coba cetak kembali.
4. Periksa tinta atau toner: Pastikan bahwa tinta atau toner dalam printer cukup dan tidak habis. Ganti atau isi ulang tinta atau toner jika diperlukan.
5. Periksa pesan kesalahan: Jika printer menampilkan pesan kesalahan, baca pesan tersebut dan cari tahu artinya. Pesan kesalahan sering memberikan petunjuk tentang masalah yang sedang terjadi.
6. Periksa driver printer: Pastikan Anda memiliki driver printer yang terbaru dan sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Driver yang usang atau tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah pencetakan.
7. Uji cetak percobaan: Coba cetak halaman percobaan atau konfigurasi dari printer itu sendiri. Ini akan membantu Anda menentukan apakah masalah ada pada printer atau pada komputer.
8. Periksa pengaturan printer: Buka pengaturan printer dan pastikan semua pengaturan yang diperlukan telah diatur dengan benar. Misalnya, pastikan printer diatur sebagai perangkat default.
9. Periksa firewall atau program keamanan: Beberapa program keamanan atau firewall dapat memblokir komunikasi antara komputer dan printer. Pastikan pengaturan keamanan Anda memperbolehkan akses ke printer.
10. Hubungi dukungan teknis: Jika semua langkah di atas tidak memperbaiki masalah, Anda dapat menghubungi dukungan teknis produsen printer. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan panduan untuk mengatasi masalah printer.
Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba langkah-langkah di atas, penting untuk mencari bantuan dari ahli atau teknisi yang berpengalaman dalam perbaikan printer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *