Apa itu Chat GPT dan ANATOMI BUKU ISBN DAN QRCBN dan Apa Itu Melintas.ID

Oleh: Abdullah
Resume ke-23
Gelombang: 30
Tanggal: 6 Desember 2023
Tema : 
– chatGPT
– ANATOMI BUKU ISBN DAN QRCBN
– MELINTAS.ID
Narasumber : 
– Nur Dwi Yanti, M.Pd.
– Hj.SriSugiastuti,M.Pd.
– Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
Moderator : Aam Nurhasanah, S.Pd.
IMG 20231206 WA0134

ChatGPT

ChatGPT adalah versi dari model bahasa GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini dirancang khusus untuk melakukan percakapan atau chat dengan pengguna. ChatGPT dilatih dengan menggunakan metode pembelajaran mesin yang tak diawasi menggunakan sejumlah besar data percakapan manusia.

Model ini menggunakan arsitektur transformer yang kuat untuk memahami konteks dan menghasilkan respons yang relevan dan alami. ChatGPT telah dilatih untuk menjawab pertanyaan, memberikan penjelasan, memberikan saran, dan berinteraksi dengan pengguna dalam berbagai topik. Meskipun ChatGPT memiliki kemampuan yang mengesankan, perlu diingat bahwa ini adalah model bahasa dan tidak memiliki pemahaman menyeluruh tentang dunia atau pengetahuan terkini setelah tanggal pemotongan pengetahuan yang ditentukan.

Penting untuk diingat bahwa ChatGPT bukanlah entitas yang memiliki pemahaman atau kesadaran seperti manusia. Model ini menghasilkan respons berdasarkan pola yang terlihat dalam data latihannya dan tidak memiliki pengetahuan atau pemahaman yang sebenarnya. Oleh karena itu, respons yang diberikan oleh ChatGPT harus dievaluasi secara kritis dan tidak dianggap sebagai kebenaran mutlak.

ANATOMI BUKU ISBN DAN QRCBN

ISBN (International Standard Book Number) dan QRCBN (Quick Response Code for Books in the Netherlands) adalah dua elemen penting dalam industri penerbitan buku yang membantu dalam identifikasi dan pelacakan buku. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi anatomi dari kedua sistem ini.

1. ISBN (International Standard Book Number):

ISBN adalah sistem penomoran internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik setiap buku yang diterbitkan secara komersial. Setiap buku yang diterbitkan di dunia ini diberikan nomor ISBN yang berbeda. Berikut adalah komponen dan arti dari nomor ISBN:

a. Prefix: Tiga digit pertama dalam nomor ISBN biasanya merupakan prefix yang menunjukkan negara atau wilayah penerbit buku tersebut.

b. Registrant Element: Bagian setelah prefix adalah elemen registran, yang memberikan identifikasi unik untuk penerbit atau lembaga yang menerbitkan buku.

c. Publication Element: Bagian ini mengidentifikasi buku yang spesifik, seperti edisi, format, atau versi.

d. Check Digit: Digit terakhir dalam nomor ISBN disebut check digit dan digunakan untuk memastikan keakuratan nomor ISBN.

Misalnya, nomor ISBN 978-0-306-40615-7 memiliki arti sebagai berikut:

– Prefix: 978 menunjukkan bahwa buku ini diterbitkan di negara dalam Uni Eropa.

– Registrant Element: 0-306 menunjukkan penerbit atau lembaga yang menerbitkan buku tersebut.

– Publication Element: 40615 adalah identifikasi unik untuk buku spesifik ini.

– Check Digit: Digit terakhir, yaitu 7, digunakan untuk memastikan keakuratan nomor ISBN.

2. QRCBN (Quick Response Code for Books in the Netherlands):

QRCBN adalah jenis kode QR yang digunakan di Belanda untuk buku-buku yang diterbitkan. Kode QR ini ditempatkan di sampul buku atau halaman dalam untuk memberikan informasi tambahan atau menghubungkan pengguna ke sumber daya digital terkait buku tersebut. Berikut adalah komponen dari QRCBN:

a. Format: QRCBN menggunakan format kode QR (Quick Response) yang dapat dengan mudah dipindai menggunakan perangkat mobile atau pemindai kode QR.

b. Data: Kode QR ini terdiri dari data yang terenkripsi, yang dapat berisi informasi seperti URL, nomor identifikasi, atau data lainnya yang relevan dengan buku.

c. Desain dan Penempatan: Kode QR ini ditempatkan secara strategis pada sampul buku atau halaman dalam untuk memudahkan akses dan penggunaan.

QRCBN memberikan keuntungan bagi pengguna karena memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengakses informasi tambahan atau sumber daya digital terkait buku dengan cepat dan efisien.

Kesimpulan:

ISBN dan QRCBN adalah dua elemen penting dalam industri penerbitan buku. ISBN digunakan untuk mengidentifikasi secara unik setiap buku yang diterbitkan secara komersial, sementara QRCBN adalah kode QR yang digunakan di Belanda untuk memberikan akses cepat ke informasi tambahan atau sumber daya digital terkait buku. Kedua sistem ini membantu dalam identifikasi, pelacakan, dan akses informasi yang berkaitan dengan buku, meningkatkan pengalaman pembaca dan efisiensi dalam industri penerbitan.

MELINTAS.ID

MELINTAS.ID adalah sebuah media online yang berfokus pada pemberitaan dan edukasi literasi di Indonesia. MELINTAS (Media Literasi Nusantara Semaja) hadir dengan misi memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang informasi mengenai seputar dunia pendidikan, literasi dan lain-lain

Situs ini menawarkan berbagai rubrik, antara lain Pendidikan, Sastra, Parenting, News, Religi, Sekolah, Ragam, Literasi, Olahraga, dan Opini. MELINTAS.ID berkomitmen untuk menyajikan berita terkini dan terpercaya di setiap rubriknya, serta mengedukasi masyarakat dengan informasi dan opini yang bermanfaat.

Tagline dari situs ini adalah “Terkini dalam literasi dan edukasi”, yang mencerminkan fokus dan misi dari MELINTAS.ID dalam memberikan informasi dan edukasi yang up-to-date dan terpercaya.

Dengan tim jurnalis dan kontributor yang berpengalaman, MELINTAS.ID berupaya untuk memberikan informasi dan opini yang bermanfaat bagi pembaca setia di seluruh Indonesia dan dunia. Situs ini dapat diakses melalui desktop dan perangkat mobile, sehingga memudahkan para pembaca untuk mengakses berita terkini dan edukasi literasi di mana saja dan kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *