Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Kunci jawaban materi kelas 6 SDMI Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka
Kunci jawaban materi kelas 6 SDMI Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Diajar.net – Alat musik adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan suara, dikendalikan, serta diatur oleh para pemain yang memainkannya. Alat musik ini diperuntukkan bagi instrumen yang dengan sengaja membuatnya menjadi sedemikian rupa agar bisa menghasilkan sebuah musik.

Kunci jawaban materi kelas 6 SDMI Kelas 6 SD 
Kurikulum Merdeka
Kunci jawaban materi kelas 6 SDMI Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Di Indonesia, alat musik telah tersebar keseluruhan wilayah, dan beraneka ragam. Mulai dari alat musik tradisional hingga alat musik musik modern ada di Indonesia. Pada umumnya, jenis alat musik ini dikelompokkan menjadi berbagai kelompok antara lain berdasarkan sumber bunyinya, cara memainkannya, sampai dengan fungsinya.

Dengan banyaknya alat musik yang ada, nama-namanya sangatlah berbeda-beda. Hal itu karena disesuaikan dengan daerah, dan juga kebudayaan masing-masing. terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memainkan alat musik supaya dapat menghasilkan suara atau bunyi yang indah. Terdiri dari alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan, digesek, dipetik, dan lain sebagainya.

    1. Alat musik gesek

      Alat musik gesek adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara menggesekkan senar pada alat musik tersebut. Jenis alat musik gesek ini dipakai ketika ada sebuah pertunjukan teater, opera, broadway, dan lain sebagainya.

      Jenis alat musik gesek memiliki fungsi yang serupa dengan jenis alat musik pukul, yakni sebagai pelengkap. Cara memainkan alat musik ini tidak boleh sembarang digesek, karena terdapat beberapa teknik-teknik khusus, dan juga perlunya untuk melibatkan perasaan hati ketika menggeseknya. Contoh jenis alat musik gesek, di antaranya yaitu cello, biola, viola, rebab, violin, kontrabas, dan lain sebagainya.

    2. Alat musik goyang

      Alat musik goyang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Adapun contoh dari alat musik goyang ini adalah segala macam angklung dan marakas.

    3. Alat musik petik

      Alat musik petik adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara memetiknya. Jenis alat musik ini, umumnya dijadikan sebagai alat musik utama pada sebuah musik atau lagu. Alat musik petik mempunyai peminat yang cukup banyak. Banyak orang menyukai alat musik jenis ini meskipun alat musik tersebut cukup sulit untuk dimainkan dan dipahami nya. Tingkat kesulitan pada alat musik petik terletak pada kunci-kunci nadanya. Contoh dari jenis alat musik petik, yakni bas, clarinet, banjo, gitar, kecapi, ukulele, sasando, siter, mandolin, harpa dan lain sebagainya.

    4. Alat musik pukul

      Alat musik pukul adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Pada umumnya alat musik jenis tersebut dipukul dengan menggunakan tangan maupun benda lainnya sebagai penggantinya, misalnya tongkat atau stik. Alat musik jenis ini biasanya cenderung tidak memiliki tangga nada, dan juga kunci yang spesifik. Nada yang dipakainya tersebut bersifat sebagai pelengkap. Pada umumnya, ketika pertunjukan dimulai alat musik ini dimainkan setelah iringan alat musik lainnya memperoleh nada yang sesuai. Hal itu supaya semua iringan dapat terdengar secara selaras.

      Jenis alat musik pukul ini memiliki dua macam, yaitu alat musik pukul dengan menggunakan nada dan juga tanpa menggunakan nada. Contoh alat musik pukul yang memakai nada seperti perangkat gamelan, arumba, kolintang, calung, bellira, vibraphone,

      xylophone, glockenspiel, dan masih banyak lagi lainnya. Sementara contoh alat musik pukul tanpa menggunakan nada, yaitu rebana, gendang, tamborin, ketipung, triangle, symbal, kastanyet, tympani, gong, drum set, pauken, dan lain sebagainya.

    5. Alat musik tiup

      Alat musik tiup adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara meniup. Jenis alat musik ini mempunyai lubang-lubang di setiap nada-nadanya menjadi suara. Maka dari itu alat musik tersebut bisa menghasilkan sebuah bunyi yang berbeda-beda. Cara meniup, alat musik ini tidak boleh sembarangan, karena terdapat aturan, dan berbagai teknik supaya bisa mengeluarkan suara yang merdu. Adapun caranya yaitu dengan cara meniup tipis, sedang, dan sekuat tenaga. Contoh dari jenis alat musik tiup, di antaranya yakni tuba, harmonica, bason, seruling, recorder, flute, horn, pianika, clarinet, trompet, saksofon, dan lain sebagainya.

    6. Alat musik sentuh/tekan

      Alat musik sentuh atau tekan adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara disentuh atau ditekan. Setelah kamu menyentuh atau menekan alat musik ini maka akan keluar sebuah irama suara yang timbul akibat sentuhan atau tekanan yang kamu lakukan.

      Jenis alat musik tersebut mempunyai dua jenis yakni alat musik sentuh atau tekan manusia dan juga elektronik. Keduanya memiliki perbedaan, di antaranya yaitu terletak pada alat yang disentuh atau ditekan dan efek suara yang muncul beraneka macam.

    7. Alat musik tepuk

      Alat musik tepuk secara teknik dalam menghasilkan bunyi dengan cara telapak tangan yang secara langsung menepuk alat-alat yang bahan dasarnya adalah bahan kulit. Maka dari itu, nantinya menimbulkan bunyi dari alat yang ditepuk. Namun tidak semuanya alat musik tepuk dengan telapak tangan. Ada pula alat musik tepuk untuk menghasilkan bunyinya dengan cara dipetik, seperti guoto alat musik yang berasal dari Papua. Perangkatnya dipetik untuk menghasilkan tepuk. Contoh alat musik tepuk yaitu gendang, tifa, gendang, rebana, dan lain sebagainya.