Fungsi alat musik melodis Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

kelas6 15

Fungsi alat musik melodis Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Diajar.net – Terdapat banyak sekali jenis alat musik melodis, setiap alat musik tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti halnya alat musik ritmis yang umum dipakai sebagai instrumen pengiring tari-tarian, hal serupa juga dapat dijumpai pada alat musik melodis. Meskipun, ada lebih banyak lagi fungsi alat musik melodis lainnya. Berikut alat musik melodis.

kelas6 15

        1. Pengiring lagu

          Fungsi utama alat musik jenis ini tentunya sebagai Pengiring pada sebuah lagu. Jenis genre lagu yang diiringi oleh alat musik melodis cukup beragam, dari genre pop yang paling umum, jenis lagu jazz, rock hingga dangdut. Alat musik seperti piano, biola atau gitar dapat menghasilkan melodi yang merdu, dengan begitu akan menambah keindahan pada lagu. Permainan alat musik ritmis pada sebuah pertunjukan musik akan terasa hambar karena tidak ada iringan alat musik melodis.

        2. Instrumen tunggal

          Meskipun permainan alat musik dengan kombinasi ritmis dan melodis akan menciptakan musik yang harmonis, bukan berarti alat musik melodis tidak bisa dimainkan secara tunggal. Lebih mudah menjumpai permainan alat musik melodis sebagai instrumen tunggal ketimbang alat musik ritmis. Contohnya pada panggung-panggung konser pianis atau pemain biola yang diminati banyak orang.

        3. Pengiring tari

          Bukan hanya pada jenis alat musik ritmis, beberapa jenis tarian juga diiringi oleh alat musik melodis. Hal ini termasuk jenis tari tradisional hingga tari kontemporer. Kehadiran nada rendah ataupun tinggi dari alat musik melodis membantu penari menentukan gerakannya, serta turut membawa penonton untuk memahami makna dari gerakan tari. Pada instrumen gamelan Jawa yang terdapat sejumlah jenis alat musik melodis sangat umum digunakan sebagai pengiring tari tradisional. Sementara pada jenis alat musik modern, piano dan biola umum dipakai untuk mengiringi dansa, balet atau jenis tari kontemporer lainnya.

        4. Media terapi

          Bermain alat musik banyak disarankan oleh para ahli untuk dimanfaatkan sebagai media terapi untuk masalah kesehatan mental. Hal ini karena bermain alat musik dapat membantu menurunkan kadar kortisol. Hormon ini berperan penting dalam masalah depresi pada manusia. Selain itu, bermain alat musik melodis untuk menciptakan musik dengan nada-nada yang indah akan membantu seseorang melampiaskan emosinya. Perasaan bahagia, sedih bahkan kemarahan bisa disalurkan dengan membuat musik.

        5. Manfaat kesehatan lainnya

          Pada jenis alat musik melodis yang dimainkan dengan ditiup, seperti suling ataupun saksofon, bermain alat musik juga berguna untuk mengatur sistem pernapasan. Makin banyak berlatih alat musik tiup, itu artinya makin sering seseorang belajar untuk mengatur pernapasannya. Fungsinya lainnya yaitu terhadap sistem kerja otak, bermain alat musik membantu seseorang untuk berpikir lebih fokus dan meningkatkan koordinasi. Saat bermain alat musik melodis, seseorang cenderung fokus untuk menyusun nada ataupun menekan tombol-tombol di alat musik. Hal ini juga merangsang kerja sistem otak dan organ-organ lainnya, terutama menyeimbangkan antara gerak tangan, kerja otak, dan tatapan mata.

        6. Fungsi pembelajaran

Fungsi lainnya dari alat musik melodis ialah sebagai media pembelajaran. Khususnya pada anak, bermain alat musik melodis biasanya lebih umum dilakukan ketimbang jenis alat musik lainnya. Seperti belajar bermain piano, biola atau lainnya, termasuk permainan alat musik ini juga sering dimasukkan

ke dalam aktivitas sekolah-sekolah lewat kegiatan ekstrakurikuler. Pada media pembelajaran, bermain alat musik melodis dapat membantu anak meningkatkan kemampuan kognitifnya. Serangkaian teknik untuk memahami notasi nada pada alat musik melodis dapat merangsang kerja otak khususnya pada organ anak yang sedang berkembang.

Aktivitas Siswa

Tuliskan jenis-jenis alat musik dalam bentuk diagram! Kerjakan pada kertas folio secara mandiri! Kumpulkan hasil tugasmu pada guru untuk diberi penilaian!

Jawab: Kebijaksanaan guru.

 

Asesmen Formatif

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Apa yang dimaksud alat musik electrophone?

    Jawab: Alat musik electrophone adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari rangkaian elektronika yang telah ada dalam sebuah alat musik.

  2. Sebutkan tiga contoh alat musik aerophone!

    Jawab: Contoh dari jenis alat musik aerophone, di antaranya yakni seruling, melodeon, flute, rekorder, clarinet, tuba,

    saxophone, dan juga horn.

  3. Sebutkan tiga contoh alat musik gesek!

    Jawab: Contoh jenis alat musik gesek, di antaranya yaitu cello, biola, viola, rebab, violin, kontrabas, dan lain sebagainya.

  4. Apa fungsi alat musik harmonis?

    Jawab: Fungsi dari alat musik harmonis adalah untuk memainkan harmoni yang biasanya terdapat dalam sebuah lagu.

  5. Apa yang dimaksud alat musik melodis?

Jawab: Alat musik melodis merupakan jenis alat musik yang bisa menghasilkan nada dan melodi.