Rutin bermain gitar Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

kelas6 17

Rutin bermain gitar Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Diajar.net – Dengan rutin menekan senar pada fret ataupun logam tegak lurus yang ada di leher gitar merupakan salah satu cara memainkan gitar petikan untuk para pemula. Pastikan bahwa kita hanya merasakan getaran pada jari yang menekan senar saja. Setelah itu kita bisa memulai memainkan kunci dasar. Pilih yang paling mudah, misalnya dengan berlatih menggunakan kunci A, tetapi jangan asal dipetik. Usahakan kita bisa menghasilkan nada yang jernih dan merdu. Apabila cara tersebut berhasil, di mana kamu dapat memainkan satu kunci dengan jernih, maka kita bisa beralih untuk memainkan kunci yang lain.

kelas6 17

Ulangi cara tersebut secara rutin untuk memainkan kunci-kunci yang lain. Apabila kita sudah bisa semua kunci, jangan langsung terburu-buru untuk memainkan sebuah lagu. Cobalah untuk berlatih lagi selama beberapa waktu supaya makin hafal di mana letak kuncinya dan jari kita makin lihai dalam memetik gitarnya.

    1. Belajar dengan lagu yang mudah

      Supaya tidak merasa bosan saat sedang mempraktikkan cara memainkan gitar,

      kita bisa memilih satu lagu dengan kunci yang mudah atau dengan menggunakan kunci dasar. Apabila kita sudah menguasai satu lagu, selanjutnya kita akan lebih mudah dalam memahami cara memainkan gitar yang benar. Belajar lagu pertama dalam proses belajar memainkan gitar merupakan momen yang paling penting untuk para pemula. Akan sangat menyenangkan untuk bisa bermain gitar dengan lagu yang kita suka dan memotivasi kita untuk terus belajar.

    2. Berlatih intonasi dan irama

Lengkapilah tabel berikut!

Jawab: Kebijaksanaan guru.

 

Di tahap yang satu ini, kita harus menggunakan perasaan kita. Hal itu bertujuan untuk mengetahui intonasi dan juga irama petikan gitar dengan tepat. Tahapan ini perlu banyak belajar dan menggunakan perasaan. Oleh karena itu, cobalah untuk bermain menggunakan lagu yang lambat terlebih dahulu. Petikan yang sama dan juga berulang. Kemudian, kita juga bisa mencobanya sampai lancar dan baru pindah ke lagu lain jika lagu tersebut sudah dikuasai. Dari situlah perasaan kita akan diuji dalam memainkan sebuah lagu menggunakan petikan gitar.

Aktivitas Siswa

No

Gambar alat musik

Nama alat musik

Cara memainkan

1.

 
2QAA

 

2.

 
Z

 

3.

 
2QAA

 

4.

 
Z

 

5.

 
2QAA

 

Asesmen Formatif

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Apa hasil dari alat musik modern?

    Jawab: Hasil dari alat musik modern ini adalah hadirnya berbagai macam aliran musik baru, yang sebelumnya mungkin belum ditemukan pada alat musik tradisional.

  2. Sebutkan dua fungsi musik modern!

    Jawab: Berikut ini adalah fungsi musik modern.

    1. Pengobatan.

    2. Meningkatkan Intelegensi.

  3. Apa fungsi drum?

    Jawab: Drum berfungsi untuk mengatur tempo lagu.

  4. Perhatikan gambar berikut!

    Apa fungsi alat musik di atas?

    Jawab: Alat tersebut bernama Synthesizer merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memproduksi suara dalam bentuk sinyal suara atau umum juga disebut sebagai gelombang suara dan mengirimkannya pada pembangkit suara.

  5. Mengapa harmonika mudah dibawa kemana-mana?

Jawab: Oleh karena ukurannya kecil.