Bermain Alat Musik Modern Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

kelas6 20

Bermain Alat Musik Modern Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Diajar.net – Alat musik menjadi hal yang mudah dan umum untuk ditemui. Namun, perlu diketahui bahwa alat musik memiliki klasifikasinya masing-masing. Beberapa klasifikasi alat musik itu didasarkan pada sumber bunyinya, cara memainkannya, dan masanya. Berdasarkan pada masanya alat musik terdiri dari dua jenis, yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern.

kelas6 20

Adanya alat musik modern tentu berkaitan dengan musik modern. Jenis musik ini muncul pada akhir setelah masa musik klasik dan ada hingga saat ini. Musik modern memiliki kriterianya sendiri, yaitu penggunaan nada diatonis dan juga menggunakan alat musik akustik serta elektronik.

  1. Pengertian Alat Musik Modern

    Alat musik modern merupakan alat musik yang telah mengalami perubahan pada cara pembuatan serta bahan yang digunakan. Alat musik ini telah mendapatkan sentuhan teknologi yang membantu menghasilkan berbagai suara yang lebih beragam. Hasil dari alat musik modern ini adalah hadirnya berbagai macam aliran musik baru, yang sebelumnya mungkin belum ditemukan pada alat musik tradisional.

  2. Fungsi Alat Musik Modern

    Pada umumnya, musik digunakan sebagai alat hiburan pada berbagai kondisi. Namun, seiring dengan perkembangan budaya dan teknologi yang kian modern memengaruhi perkembangan alat musik yang digunakan. Selain itu, bentuk sajiannya pun turut berkembang juga. Oleh karena itu, fungsi musik pada zaman modern ini makin berkembang. Berikut ini adalah fungsi musik modern.

    1. Pengobatan

      Pada awalnya, musik digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit orang- orang yang terluka karena perang dan juga untuk para veteran perang. Oleh karena itu, hingga kini musik digunakan untuk terapi pada sejumlah rumah sakit di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

    2. Meningkatkan intelegensi

      Otak kiri adalah pusat pengendalian fungsi intelektual, di antaranya adalah daya ingat, bahasa, logika, pemikiran konvergen, daya analisis, dan perhitungan. Sementara, untuk otak kanan mengacu pada spontanitas, mental, intuisi, emosi, sikap, musik,

      hubungan ruang dan dimensi, gambar, irama, dan pemikiran divergen. Oleh karena itu, musik modern dapat digunakan untuk menyeimbangkan fungsi antara otak kiri dan otak kanan. Selain itu, daya estetis musik terutama musik klasik umum digunakan sebagai penambah IQ.

  3. Jenis-Jenis Alat Musik Modern

    Alat musik modern diidentikkan dengan peralatan band yang lengkap atau alat-alat musik elektronis. Selain itu, adapula orkestra yang berkaitan dengan musik modern. Berikut beberapa contoh alat musik modern.

    1. Gitar akustik

      Gambarf alat musik gitar.
      Gambarf alat musik gitar.

      Gitar menjadi salah satu alat musik yang terkenal di seluruh dunia. Di mana alat musik ini dimainkan menyesuaikan dengan tipe atau jenisnya. Salah satu jenis gitar yang paling umum adalah tipe gitar klasik. Gitar klasik sendiri termasuk dalam jajaran alat musik yang utamanya digunakan untuk membawakan karya-karya solo musik klasik.

    2. Gitar elektrik

      Gambar alat musik gitar listrik.
      Gambar alat musik gitar listrik.

      Pada umumnya, jenis gitar yang satu ini memiliki kesamaan dengan gitar akustik. Namun, perbedaannya terletak pada dibutuhkannya perangkat-perangkat pendukung lainnya, seperti efek dan amplifier. Dengan gitar elektrik yang didukung alat-alat batu tersebut, nantinya suara yang dikeluarkan akan bervariasi.

      Pada dasarnya, gitar elektrik termasuk alat musik yang lebih tinggi harganya dibandingkan alat musik lainnya. Apabila saat hendak membeli tidak tahu tentang alat musik gitar, mungkin harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk bermusik. Selain itu, alasan lain untuk memahami alat musik gitar elektrik sendiri memiliki teknik dasar untuk bermain, seperti senam jari, pemanasan, akor, dan berbagai ritme serta melodi musik blues, pop, rock, dan jazz.

    3. Drum elektrik

      Gambar alat musik drum listrik.
      Gambar alat musik drum listrik.

      Drum termasuk dalam alat musik ritmis, drum berfungsi untuk mengatur tempo lagu. Alat musik ini berbunyi setelah mendapat pukulan dari stik yang digunakan, drum sendiri dikenal dengan drum set. Drum set juga terdiri dari, cymbal, tom-tom, snare drum, dan bass drum. Pada saat ini ada drum elektrik, sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar apabila dihubungkan dengan listrik atau menggunakan headset.

    4. Keyboard

      Gambar alat musik keyboard.
      Gambar alat musik keyboard.

      Keyboard sering dianggap sama dengan piano. Oleh karena, keduanya memiliki kemiripan pada beberapa hal, seperti bentuk dan cara penggunaanya. Perbedaannya terletak pada suara yang dihasilkan, piano dapat mengeluarkan berbagai suara dari alat musik lainnya, seperti biola, suling, trompet, gitar, dan bahkan alat-alat perkusi. Guna dapat memainkan keyboard, kamu perlu menekan tuts sesuai dengan nada-nada dasarnya, yaitu do re mi fa sol la si do. Selain itu, terdapat pula nada minor yang dapat dikombinasikan dengan antarnada sehingga membentuk sebuah chord.

    5. Synthesizer

      Gambar alat musik synrhesizer.
      Gambar alat musik synrhesizer.

      Synthesizer merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memproduksi suara dalam bentuk sinyal suara atau umum yang disebut sebagai gelombang suara dan mengirimkannya pada pembangkit suara. Selain itu, alat yang satu ini juga memungkinkan orang yang menggunakan untuk mengganti karakteristik suara, mulai dari tinggi dan rendahnya nada, warna suara, dan juga volume suara.

    6. Biola

      Gambar alat musik biola.
      Gambar alat musik biola.

      Biola merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Di mana, pada alat ini terdapat empat buah senar, yaitu G-D-A-E dan nantinya disetel berbeda antara satu yang lainnya. Nada yang paling rendah pada biola terletak di G. Umumnya, pada kertas musik yang khusus untuk biola, kunci yang hampir selalu digunakan atau ditulis adalah G. Alat musik viola dan cello masih termasuk kedalam alat musik biola dan memiliki nada yang tinggi. Sedangkan, alat musik dawai seperti bas, secara teknis masuk dalam jajaran atau klasifikasi viol.

    7. Saxophone

      Gambar alat musik sexophone.
      Gambar alat musik sexophone.

      Alat musik modern saxophone atau dapat juga disebut sebagai saksofon merupakan jenis alat musik tiup yang bisa mengeluarkan instrumen dengan kualitas yang baik. Selain itu, saksofon adalah instrumen transposing kerucut musik yang masih termasuk dalam jajaran woodwind. Saksofon pertama kali ditemukan oleh Adolphe Sax di tahun 1841. Di mana, tujuan awalnya pada saat itu hendak menciptakan suatu instrumen yang baik, sesuatu yang paling kuat, adaptif, dan juga vokal dari woodwinds. Kemudian, pada tahun 1846, ia pun mematenkan saksofon yang terbuat dari dari kuningan.

    8. Harmonika

      Gambar alat musik harmonika.
      Gambar alat musik harmonika.

      Harmonika memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa ke mana saja. Cara menggunakannya mungkin terbilang jauh lebih mudah dibanding yang lainnya. Kamu bisa meniup lubang yang terdapat pada harmonika untuk menghasilkan nada-nada yang indah.