Cara Memainkan Alat Musik Tradisional Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

kelas6 11

Cara Memainkan Alat Musik Tradisional Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Diajar.net – Cara bermain gendang Gendang merupakan salah satu instrumen musik yang sering digunakan dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya musik tradisional, gendang, sebutan lain dari gendang, kini juga sudah diadaptasi dalam beberapa instrumen musik modern dan dipertontonkan secara nasional. Tidak heran apabila banyak sekali orang yang berusaha bisa memainkan alat musik ini. Dari kalangan milenial hingga yang sudah dewasa ingin mencoba menguasainya. Berikut bagian-bagian dari gendang.

Gambar alat musik gendang.
Gambar alat musik gendang.

      1. Kayu

        Kayu yang digunakan untuk membuat alat musik ini biasanya adalah kayu nangka, kayu dari pohon kelapa, dan kayu cempedak.

      2. Tali rotan

        Tali rotan menjadi pengikat antara bagian kanan dan kiri. Selain sebagai pengikat, fungsi lainnya adalah untuk mengubah nada dasar dengan cara dikencangkan atau dikendurkan. Apabila ingin suaranya tinggi, maka tinggal dikencangkan talinya. Apabila ingin rendah, tinggal dikendurkan. Tali yang dimaksud adalah bagian yang berbentuk huruf Y.

      3. Kulit hewan

        Kulit hewan yang biasanya dipakai untuk membuat gendang adalah sapi, kerbau, dan kambing. Kulit kerbau dan sapi biasanya dipasang pada sisi bam yang menghasilkan ketukan bernada rendah. Sementara kulit kambing biasanya dipasang pada sisi chang yang menghasilkan ketukan bernada tinggi.

        Terdapat banyak jenis gendang di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

        1. Gendang ketipung instrumen musik yang berukuran kecil.
        2. Gendang ciblon yang ukurannya sedang.
        3. Gendang gedhe yang pada pemakaiannya biasanya dikombinasikan dengan ketipung.

        Fungsi masing-masing jenis gendang berbeda. Alat ini digunakan pada acara yang sesuai. Gendang gedhe merupakan contoh alat musik tradisional yang fungsinya untuk dipakai pada acara-acara karawitan bersama dengan instrumen gamelan yang lengkap. Saat melihat pentas di mana gamelan dimainkan, kadang kita tidak hanya melihat satu jenis gendang. Bahkan pemainnya juga lebih dari satu. Cara memainkan gendang secara sederhana adalah dengan dipukul atau ditepak menggunakan telapak tangan. Bagian yang ditepak adalah sisi kanan dan kiri yang terbuat dari kulit hewan. Jangan asal pukul, ada beberapa teknik dasar yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan bunyi yang indah dari gendang. Berikut adalah teknik dasar pada saat memainkan gendang.

        1. Duduklah senyaman mungkin dan taruh gendang di depan kamu.
        2. Pastikan posisi tangan dapat menjangkau gendang dengan pas dan tidak memaksa.
        3. Rileks, ambil nafas, dan buang semua ketegangan. Hal ini karena ketegangan bisa memengaruhi ritme pukulan yang akan dimainkan, yang menghasilkan suara yang tidak enak didengar.
        4. Coba dulu buat ketukan satu-satu.
        5. Apabila sudah terbiasa, cobalah membuat suara dengan menepuk sisi kanan dan kiri secara bergantian. Jangan sampai memukulnya bersamaan, karena hasil suaranya malah akan aneh ketika didengarkan.
        6. Guna pembelajaran pertama kali, kamu bisa mencobanya dengan tempo yang lambat mengikuti feeling.
        7. Seiring berjalannya waktu, tangan akan terbiasa bergerak cepat sehingga bisa menghasilkan lebih banyak nada.

         

        Z

         

        Gambar memainkan gendang.

    1. Cara bermain kecapi

      Kecapi adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik tradisional dari Bugis dan Jawa Barat ini ternyata dulunya berasal dari Negara China. Fungsi kecapi tidak hanya dimainkan sebagai alat musik saja, tetapi juga sebagai salah satu instrumen pengiring acara-acara besar kenegaraan maupun tari-tarian khas daerah. Berikut fungsi alat musik kecapi.

      1. Menjadi pertunjukan pada acara besar.
      2. Menjadi bagian pertunjukan ulang tahun daerah.
      3. Menjadi penyambutan tamu-tamu negara.
      4. Menjadi musik pengiring di pesta pernikahan.
      5. Menjadi pengiring tari-tarian oleh masyarakat Bugis.

Kecapi Kalimantan Tengah terbuat dari bahan kayu pohon hanjalulung/kajalutung yang dinilai ringan. Pada zaman dahulu kecapi dibuat dari rotan atau kulit kayu karena dianggap lebih kuat, tahan lama, dan menghasilkan suara yang khas, tetapi kini senar kecapi dibuat dari bahan kawat atau benang nilon. Berikut jenis kecapi berdasarkan fungsinya.

  1. Kecapi tali dua

    Kecapi tali dua juga disebut kecapi dasar atau kecapi induk. Pada nada dasar kecapi Dayak Kalimantan Tengah adalah la-do-re-mi-sol-la. Sementara itu, di Sunda kecapi induk ini disebut kecapi indung atau kecapi ibu. Kecapi indung ini selalu berperan sebagai pemberi arah untuk permainan kecapi rincik maupun permainan suling.

  2. Kecapi tali tiga

    Kecapi tali tiga sering disebut kecapi anak untuk pengiring dari kecapi tali dua atau kecapi induk. Di Kalimantan Tengah, bentuk kecapi ini memiliki bentuk menyerupai burung enggang, burung yang dianggap sakral oleh masyarakat Dayak.

  3. Kecapi rincik

Kecapi rincik yaitu kecapi berukuran kecil yang bentuknya hampir sama dengan kecapi indung. Dalam situs Disbudbar Bandung, menyebutkan kata ‘rincik’ berarti kecil. Petikan kecapi rincik mempergunakan tempo atau ritme yang pendek-pendek dan cepat. Pada dasarnya petikan kecapi rincik merupakan kelipatan dari pada petikan kecapi indung.

Aktivitas Siswa

Tuliskan di buku tugasmu mengenai macam-macam alat musik daerah beserta asalnya! Kerjakan dalam bentuk tabel! Hasilnya kumpulkan pada guru supaya mendapatkan nilai!

Jawab: Kebijaksanaan guru.

Asesmen Formatif

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa yang dimaksud alat musik tradisional?

Jawab: Alat musik tradisional adalah alat musik yang berkembang secara turun-temurun pada suatu daerah.

 

  1. Jelaskan bahwa alat musik tradisional sebagai sarana komunikasi!

    Jawab: Alat musik tradisional sebagai sarana komunikasi. Artinya bunyi-bunyi tertentu dalam alat musik tradisional memiliki arti tertentu bagi anggota kelompok masyarakatnya. Pada umumnya, bunyi-bunyian itu memiliki pola ritme tertentu dan menjadi tanda bagi anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan. Alat yang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.

  2. Dari mana asal alat musik calung?

    Jawab: Calung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari daerah Jawa Barat.

  3. Bagaimana cara memainkan alat musik kledi?

    Jawab: Kledi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang berasal dari daerah Kalimantan.

  4. Sebutkan fungsi alat musik kecapi!

    Jawab: Berikut fungsi alat musik kecapi.

    1. Menjadi pertunjukan pada acara besar.

    2. Menjadi bagian pertunjukan ulang tahun daerah.

    3. Menjadi penyambutan tamu-tamu negara.

    4. Menjadi musik pengiring di pesta pernikahan.

    5. Menjadi pengiring tari-tarian oleh masyarakat Bugis.