Berwisata Sambil Mempelajari Peradaban Budaya Di Desa Segenter Lombok – visitindonesia

Pergi liburan ke Lombok mungkin saja juga akan kurang lengkap bila Anda tidak berkunjung ke pantai yang indah, seperti Pantai Pink, Senggigi, Kuta, Gerupuk, serta beda sebagainya. Tahu kah Anda bila berkunjung ke pantai saja nyatanya masih tetap belum juga lengkap bila belum juga berkunjung ke desa-desa tradisionil yang masih tetap begitu terbangun, terlebih bila Anda termasuk juga orang yang menyukai budaya serta kebiasaan istiadat di daerah yang unik.

Desa Tradisional Segenter

Bicara mengenai desa-desa tradisionil di Lombok, terkecuali Dusun Sade di desa Rambitan, Pujut, Lombok Tengah, Anda juga harus berkunjung ke Desa Segenter. Sempat mendengar mengenai desa ini? Desa ini adalah satu diantara desa tradisionil tertua di Lombok. Tempatnya sendiri terdapat pas di kaki Gunung Rinjani atau persisnya di Kecamatan Bayan, Lombok Tengah.

Apa kekhasan Desa Tradisionil Segenter? Kekhasan desa ini yaitu pola hidup beberapa orang yang masih tetap ikuti kebiasaan nenek moyang mereka, walau ada sebagian orang yang mulai memakai piranti elektronik dirumah mereka. Rumah-rumah di desa ini dan desa-desa tradisionil yang lain yang masih tetap memakai alang-alang jadi atap serta bambu jadi kerangka bangunan.

Hal unik yang lain yaitu lantai tempat tinggal masyarakat setempat masih tetap terbuat dari tanah liat. Untuk menguatkan serta membuat cantik lantai tempat tinggal, orang-orang setempat juga akan memoles lantai memakai kotoran sapi kurun waktu spesifik. Benarkah? Terang ini yaitu kenyataan serta sudah jadi kebiasaan turun temurun. Mungkin saja ini terdengar sedikit aneh karna kelihatannya jorok, tapi ini yaitu langkah bagaimana masyarakat setempat buat lantai mereka tetaplah keras serta mengkilat. Sistem pemolesan kotoran sapi jadi suatu hal yang unik untuk wisatawan. Untuk wisatawan yang penasaran serta menginginkan coba diijinkan untuk menolong.