Menikmati Asrinya Alas Kedaton – visitindonesia

Alas Kedaton adalah rimba kecil dengan luas sekitaran 6-7ha terdapat di di Kabupaten Tabanan, Bali sisi barat. Ukuran keseluruhan rimba ini bila mencakup komplek pura serta sarana pendukungnya sekitaran 12 ha. Di rimba ini, ada satu pura yang dimaksud Alas Kedaton serta mempunyai lingkungan alam yang terlihat hijau dengan udara fresh serta situasi tenang.

Menikmati Asrinya Alas Kedaton

Di Alas Kedaton juga ada beberapa ratus monyet yang jinak dengan suaranya yang riuh kontras di dalam kesunyian monyet-monyet itu bermain-main serta berebut makanan. Monyet-monyet yang tinggal di rimba ini melompat-lompat pada dinding kuil, mandi di parit atau ada pula yang hilir mudik mnegerubini pengunjung yang membawa makan. Monyet-monyet telah seperti penjaga pura, yang senantiasa siap untuk menyongsong semuanya pengunjung yang datang ke tempat ini. Terkecuali monyet, di Alas Kedaton dapat juga didapati sebagian kelelawar serta hewan beda.

Alas Kedaton terdapat di desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Perjalanan ke tempat ini bisa dikerjakan dengan gampang dengan memakai kendaraan bermotor ikuti jalan paling utama dari Denpasar ke Tabanan. Dalam perjalanan ke obyek wisata ini, kita juga akan lihat panorama alam yang indah dimana sejauh mata melihat terhampah pesawahan hijau serta gemercih nada aliran irigasi di bagian jalan yang semakin menaikkan situasi damai sepanjang perjalanan.
 

Pura di Alas Kedaton mempunyai tiga halaman, yakni halaman eksternal, menengah serta pusat. Sisi pusat serta tengah dikelilingi oleh dinding serta halaman luar yang mewakili halaman terbuka. Hal menarik dari Pura ini yaitu halaman pusat yang disebut ruang suci, mempunyai susunan yang lebih rendah dari halaman tengah. Hal semacam ini berlainan dibanding dengan pura biasanya di Bali, di mana bila masuk kedalam pura, makin tinggi tempatnya. Diluar itu titik beda yang menarik dari pura ini mempunyai empat pintu masuk.