Puasnya Jelajah Wisata 13 Kabupaten se-Lampung, dari Bawah Laut sampai Langitnya visitindonesia

AVvXsEhX62Fn6ilkVyQ6qEOX3CZ7ohwM1GHA0ELM8QawLCM RRVbjnOfwFAGTBzBprd0fEeqv0sm QxZm6JTp3rE3LqiXK2gw Eh5 Ly6a4kouD1KVLA0jfsF2sLIKRThWTYEYOqqVs w6hNrxRhEBWRI EG8qdSdC44RpuI94RpqEsl7rji8oT3Gi4T0zfD=s320

Mau mendapatkan kepuasan berwisata di Lampung? Jelajah saja 13 kabupatennya, dari bawah laut, pantai, sungai, danau, daratan, perut bumi (gua) sampai puncak gunung tertingginya atau atapnya bahkan langitnya. Jenis wisatanya dari wisata alam, bahari, sejarah, budaya, kuliner, buatan, dan lainnya.

Buat Anda yang belum pernah dan tahun ini berencana menjelajah ragam wisata provinsi yang berada paling Selatan di pulau Sumatera ini, mungkin tulisan TravelPlus Indonesia edisi kali ini bisa jadi tambahan panduan.
Tulisan ini juga sekaligus sebagai kado kecil  buat provinsi ber-motto Sang Bumi Ruwa Jurai ini, karena tahun ini Lampung genap berusia 58 tahun, tepatnya tanggal 18 Maret 2022.
Bila Anda ke Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang beribukota Kalianda, bisa mampir ke Menara Siger yang sudah nampak dari Pelabuhan Bakauheni. Lokasinya setelah Pelabuhan Bakauheni, tepatnya di Jalan Lintas Timur Sumatera, Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni.
Kalau suka pantai Anda bisa ke Pantai Pasir Putih yang berjarak sekitar 20 Km atau lebih kurang 20 menit berkendara dari Kota Bandar Lampung, Ibukota Provinsi Lampung.
Pilihan lainnya ke Pantai Wartawan yang berada di Way Muli. Dari Kalianda sekitar 14 Km melewati jalur pesisir Canti atau sekitar 30 meter dari Simpang Gayam di jalur Bakauheni – Bandar Lampung. Keunikan pantai ini banyak kepulan asap dan juga menyemburkan air panas yang keluar dari celah bebatuan sekitar pantai.
AVvXsEiRSAyGK gRykW7 rxkQmjM0G MZvn9D6tZCl34dqxCFsQej63uhu soj1rdyIjpyUqGuGiroYX8MK8bhCKANbRsy5rT2X H6Rx9jscLUUQor 5h3Hdi1ANvhVq7J0o4Fr3aar2uWanAz4ACa8fr0BrmX9nr35Ytkn0RcLAlkuwNHZmeLvkpJf1Nb

Bila senang mendaki gunung, bisa nanjak Gunung Rajabasa, lanjut mandi air panas di Pemandian Air Panas Way Belerang, Kalianda, tepatnya di lereng gunung tersebut yang berhawa sejuk dan rindang. Pilihan lain ke Air Terjun Way Tayas di Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa.

Suka bersantai dan nge-camp di pulau, pilihannya Pulau Mengkudu yang berada di Totoharjo, Bakauheni. Pulau berpantai pasir putih ini memiliki keunikan pasir lapis yang membelah dan menghubungkan dua daratan.
Lanjut susur gua (caving) Gua Pantai Minang Rua di Kelawi, Bakauheni. Gua yang terletak di pinggir Pantai Minang Rua ini tarik pantai ini tidak hanya bentangan garis memiliki kontur bebatuan yang instagramable.
Di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) yang beribukota Gunung Sugih, Anda bisa menyambangi antara lain Air Terjun Curup Tujuh yang berlokasi di kawasan hutan lindung Desa Magrajaya, Kecamatan Padangratu.
Di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) yang beribukota Sukadana, Anda bisa ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang sudah mendunia namanya lantaran ada Sekolah Gajah.
Pilihan lainnya Taman Purbakala Pugung Raharjo di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik. Lokasi taman purbakala yang mengoleksi berbagai peninggalan pubakala seperti kuburan batu, altar, dan meja batu serta batu mayat ini berjarak sekitar 52 Km dari Kota Bandar Lampung.
Di Kabupaten Pesawaran yang beribukota Gedong Tataan, arahkan langkah ke Pantai Klara atau dulunya bernama Pantai Teluk Baru. Lokasinya sekitar 1 jam dari Kota Bandar Lampung dengan berkendara.
Pilihan lain ke Pantai Mutun di Kecamatan Padang Cermin. Pantainya berpasir putih dengan air laut jernih dan berombak tenang jadi bisa berenang, snorkeling, dan ber-canoeing. Atau menyebrang ke Pulau Pahawang yang cantik untuk snorkeling maupun menyelami bawah lautnya atau diving.
AVvXsEiaSkqIbtNtZ y5LS0iGPDe6qkP2BYVgdbciy gpbm912JAGboPGbtAPH3KT21WpwJVTijzQwl51pTp6BnBOzppT lWRB1Tdu1bzvgOqnFWyAfvOZ6mZJog ZdeIO 37GQhol9cge15SCJAFQJxiLDn7LhLTt3jj N54u196M4PJoNmYVaIXCOG

Di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang beribukota Liwa, jangan lupa singgah ke Danau Ranau yang elok. Nikmati pula kuliner pecel ikan Nila khas Danau Ranau di Rumah Makan Khang Mengan Jejama di Jalan Raden Intan Way Mengaku, Liwa.

Danau lain di Lambar yang wajib Anda sambangi adalah Danau Suoh di Kalibata, Sukamarga, Suoh. Keistimewaan danau ini memiliki empat bagian danau yang berbeda, yaitu Danau Minyak, Danau Asam, dan Danau Belibis.
Anda juga bisa berwisata budaya di beberapa Kampung Tua di Sukau, Liwa, dan lainnya.
Mau terbang melayang bak elang di langitnya dengan ber-paralayang? Datangi take off-nya di Bukit Mandi Angin, Pekon Lumbok, Kecamatan Sukau yang berketinggian 400 Mdpl. Dari ketinggian Anda bisa menikmati hamparan biru Danau Ranau dengan latar belakang Gunung Seminung dan perbukitan hijau.
Anda juga bisa mendaki Gunung Seminung dan Pesagih. Gunung Seminung berlokasi di Kecamatan Sukau yang berbatasan dengan Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.
Gunung yang berada di sebelah Barat Kota Liwa ini berketinggian 1881 Mdpl. Ada juga yang menyebut tingginya 1.885 Mdpl. Sedangkan Gunung Pesagih yang berada di kawasan Desa Pekon, Kecamatan Belalau memiliki ketinggian sekitar 2.262 Mdpl sekaligus menjadi atapnya Lampung atau gunung tertinggi di Lampung.
Ada dua rute menuju Atapnya Lampung, yakni dari Pekon Bahway menuju Pekon Hujung. Jalur kedua dari Pekon Hujung dengan lama pendakian sekitar 12 jam kalau cuaca cerah.
Surfing & Rafting
Di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) yang beribukota Krui, bisa menyinggahi antara lain Pulau Pisang. Kendaraan Anda bisa diparkir di kampung dekat Pantai Tebakak lalu naik kapal perahu. Kalau hobi surfing atau berselancar di laut, lokasi idealnya ada di Tanjung Setia, Krui.
Selagi di sana jangan lupa cicipi kulinernya seperti Gulai Taboh Ikan Tuhuk (blue marlin) dan Pandap, serabi khas pesisir.
Di Kabupaten Tanggamus yang beribukota Kota Agung, bisa mengunjungi Pantai Teluk Kiluan di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan. Keistimewaannya selain berpasir putih dan berair laut jernih juga kerap dilintasi lumba-lumba.
Pilihan lain berekowisata di Tamam Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), khususnya di resort Sukaraja atas. Selain di Tanggamus, kawasan konservasi ini juga mencakup beberapa titik di wilayah Lambar, dan Pesibar.
Lanjut berarung jeram (rafting) di Way Semong, Kecamatan Bandar Negeri Semong dengan panjang rute pengarungan sekitar 30 Km selama sekitar 3-5 jam dari titik start-finish.
Di Kabupaten Way Kanan yang beribukota Blambangan Umpu, Anda juga bisa rafting (arung jeram dengan perahu karet), river tubing (arung jeram dengan ban dalam mobil), maupun bamboo rafting (arung jeram dengan rakit bambu atau getek). Lokasi pengarungannya di Sungai (Way) Besai, Kampung Wisata Gedung Batin, Kecamatan Blambangan Umpu.
Rute bamboo rafting-nya berjarak sekitar 10 Km selama sekitar 2,5 jam dengan 3 check point di tengah rute. Satu rakit bambu maksimal menampung 5 orang.
Setelah itu menikmati pesona indah Air Terjun Putri Malu yang berketinggian sekitar 80 meter. Lokasinya di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit. Aktivitas yang bisa dilakukan di sana antara lain berkemah, treking, dan panjat tebing.
Di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang beribukota Kotabumi, Anda bisa arung jeram dengan ban di Abung River Tubing yang berada di Tanjung Baru, Kecamatan Bukit Kemuning.
Selanjutnya ke curup atau air terjun yang indah di dusun Gunung Klawas, Desa Pekurun, Kecamatan Abung Barat atau  sekitar 30 Km dari Kotabumi.
Pilihan lainnya ber-water sports di Bendungan Tirta Shinta yang berada di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara antara lain sepeda air dan banana boat serta wahana lain seperti ATV dan flying fox.
Di Kabupaten Mesuji yang beribukota Wiralaga Mulya, Anda bisa berwisata aneka wahana di Taman Kehati. Di objek wisata buatan yang berada di Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya ini antara lain ada  arena taman satwa, area waduk, dan wisata Air berupa water boom, bird eye, dan view Taman Selfi.
Susur Sungai
Pilihan lainnya Anda bisa menyusuri Sungai Mesuji yang berada di Sungai Badak, Kecamatan Mesuji dengan kapal. Aktivitas lainnya menikmati sunrise dan memancing.
Di Kabupaten Pringsewu yang beribukota di Kecamatan Pringsewu Anda bisa melihat Talang Indah Pajaresuk. Salah satu objek bernilai sejarah peninggalan Belanda ini kabarnya dibangun kolonial Belanda pada tahun 1927.
Di atas talang air raksasa yang berada di Jl Raya Sampang, Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu itu ada jembatan penghubung dua bukit.
Selanjutnya berburu sunset dari Bukit Blitarejo atau Bukit BLT yang berada di Blitarejo, Kecamatan Gading Rejo.
Di Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) yang beribukota Menggala, Anda juga bisa berwisata sejarah berupa sejumlah bangunan peninggalan Belanda seperti rumah- rumah tua, Dermaga Sungai Tulang Bawang dan Pasar Lama di Menggala Kota, Kecamatan Menggala.
Selain itu menyusuri aliran sungai Way Tulang Bawang dengan perahu kecil dan sampan dari kampung Kuala Teladas, Kecamatan Dente Teladas yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian budidaya ikan dan udang.
Tak lupa  membeli hasil tangkapan nelayan seperti ikan mas, ikan baung, ikan patin dan beberapa jenis udang dengan harga yang jauh lebih murah daripada di TPI ataupun di pasar.
Di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang beribukota di Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, sekurangnya ada tiga objek buatan yang dapat Anda kunjungi yaitu Masjid Agung Islamic Center, Taman Purbakala atau Megalithic Millenium Art, dan Patung Tugu Rato Nago Besanding atau yang disebut Patung Naga.
AVvXsEga3u7YRHtv4 gv4nEPdho3vHHj9PAehzu73ZJt3UfZg 2xXulZgP91F4r7v3JLg2N6FXt MtVfDx1LdQNgF2DjbcVsbk7oTkqvSA3LQ3Mph Ubvq FDDCohpuXVe2LqdBhmXTVYWjkgz5ovU11g3T1nIvb3H2HWVWEX53O

Selain 13 kabupaten, Lampung juga punya 2 kota yaitu Bandar Lampung dan Metro. Khusus Bandar Lampung yang merupakan ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Provinsi Lampung, sudah TravelPlus Indonesia suguhkan khusus di edisi sebelumnya dalam tulisan berjudul: “City Tour di Bandar Lampung, Ini Pilihan Objek Wisata, Kuliner dan Oleh-olehnya” (ini link-nya https://travelplusindonesia.blogspot.com/2022/03/city-tour-di-bandar-lampung-ini-pilihan.html).

Untuk tulisan kedua ini, sekalian TravelPlus tambah dengan ragam daya tarik yang bisa Anda sambangi di Kota Metro.
Pilihan objeknya antara lain caving di Gua Warak yang berada di Rejomulyo 26b, Tejosari, Kecamatan Metro Selatan dan Gua Macan Putih juga di wilayah Rejomulyo.
Kalau Anda senang rekreasi yang santai bisa melihat Sawah Bertingkat Bantul di Desa Bantul, Metro Selatan. Pilihan lainnya Sakura Garden di Sumbersari, Metro Selatan dan Taman Bunga Asri Bougenville di Kelurahan Tejosari, Metro Timur, Metro Lampung.
Selamat menjelajah ragam pesona Lampung, semoga memuaskan. Kalau belum puas, ya datang lagi, jelajah lagi.
Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & tim @travelplusindonesia