7 Trik Menulis Takarir di Medsos

diajar.net 17

7 Trik Menulis Takarir di Medsos

Diajar.netMembuat caption (takarir) memang gampang-gampang-susah. Padahal, caption adalah salah satu faktor yang bisa menarik minat orang untuk mengikuti akun medsos kita. Caption yang menarik akan mengundang like, share, dan komentar banyak warganet. Dengan demikian, jumlah pengikut (follower) akun medsos kita akan terus meningkat.

Kapitulis, sebuah penyedia jasa merangkai kata, merekomendasikan tujuh trik membuat takarir. Trik ini terutama untuk membuat caption di Instagram, tapi dapat juga diterapkan untuk medsos-medsos pada umumnya.

1. Maksimalkan kalimat awal caption. Di Instagram, sebuah caption panjang akan secara otomatis disembunyikan atau dipersingkat menjadi beberapa baris. Sebab itu, pastikan kalimat pertama kita  cukup mengundang rasa penasaran sehingga orang-orang tertarik mengklik caption tersebut untuk membaca seutuhnya.

2. Menulislah secara natural. Dalam caption, sebenarnya kita sedang berbicara, hanya, dalam bentuk tulisan. Jadi, tidak perlu terlalu formal dan monoton. Jadilah diri sendiri dan buat followers merasa dekat lewat cara kita berbicara di caption.

3. Gunakan teknik story telling. Tambahkan detail dalam kisah yang kita buatkan caption. Misalnya dengan menambahkan sentuhan rasa, apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Sebagai contoh, alih-alih cuma menulis “sebuah pembacaan puisi”, coba tambahkan “Sebuah puisi yang dilantunkan dengan suara yang lembut dan menawan, memukau dan membangkitkan energi positif”. Beda rasanya, kan?

4. Pakai emoji. Emoji sangat berguna untuk menghidupkan caption. Terkadang ada emosi-emosi yang tidak dapat digambarkan semata lewat tulisan, bukan? Nah, di situlah peran emoji sangat membantu mengekspresikan rasa yang ingin ditampilkan.

5. Pertimbangkan dengan matang panjang-pendeknya caption. Tidak ada patokan mana yang lebih baik antara caption panjang dan pendek. Yang terpenting adalah unggahan dan isi caption itu menarik. Kalau pembaca merasa itu menarik, mereka akan tetap membacanya. Namun, kalau kita merasa caption yang kita buat itu kepanjangan, silakan dipangkas sedikit demi efektivitas proses membaca.

6. Sisipkan pertanyaan atau ajakan bertindak (call to action). Untuk meningkatkan potensi interaksi dengan followers, lakukan tanya-jawab singkat dengan bantuan caption. Tambahkan pertanyaan di caption, yang bisa dijawab oleh mereka di kolom komentar. Ketika menawarkan produk, kita bisa meminta followers untuk me-mention teman-teman mereka di kolom komentar, atau dengan mengklik link di bio.

7. Gunakan hash tag alias tagar. Agar mudah dicari, caption sebaiknya disertai tagar yang tepat. Fungsinya seperti kata kunci, yakni membuat orang-orang mudah menemukan apa yang kita unggah terkait dengan tagar tertentu. Untuk keperluan branding (penjenamaan), kita bisa membuat tagar unik dan menarik dengan nama brand (jenama). Misalnya, Kapitulis mempunyai tagar #kapitulis atau #kapitulisasi. Contoh lain, Lintas memilikki tagar #Lintas atau #LiterasiTanpaBatas. Kita juga bisa menggunakan tagar populer yang terkait dengan isi unggahan. Misalnya, ketika mengunggah foto tentang perayaan Tahun Baru, kita bisa menggunakan #TahunBaru atau tagar-tagar lain populer dan terkait dengan Tahun Baru. Tagar ini nantinya bisa diklik oleh followers untuk melihat konten-konten yang menggunakan tagar tersebut. Sebagai informasi tambahan, kita sekarang bisa follow tagar juga, lo. Jadi bukan akun saja yang bisa di-follow.

Nah, semoga dengan trik-trik tadi, caption medsos kamu makin memesona followers dan calon followers, ya … #SalamLiterasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *